Jumat, 23 Oktober 2015

Cara - Cara Saat terjebak kebakaran

20.14


    Saya pernah mengalami sendiri di daerah surabaya timur ,pada saat siang hari setelah jam makan siang  waktu itu saya berada di pabrik sepatu sekitar jam 2 siang ,pabrik yang saya berkerja tiba2x terbakar dalam jangka waktu 20 menit ,saya bersama 3 personil HSE lain berusaha mengevakuasi karyawan dan ada 5 karyawan yang terjebak kobaran api besar,saya beserta teman saya berusaha menyelamatkan karyawan tsb .

Saat itu apa aja yang harus kita lakukan :
  • JANGAN PANIK.
  • Lihat keadaan sekitar .
  • Hubungi By Telepone Team ERT (Emergency Respon Team)internal agar team ERT menghubungi DAMKAR .
  • Mencari jalan keluar terdekat kalau ada jendela pecahkan kacanya menggunakan alat yang ada ,pastikan juga jalan keluar alternatif itu aman.
  • Mencari APAR yang ada, di karenakan peraturan Pemerintah di pabrik setiap 5 m harus ada APAR,Dengan APAR tersebut kita bisa membuka jalan yang akan kita lewati .
               Note: Cara Penggunaan APAR kita gunakan cara Pull                       ,Aim,Squezze,Sweep (gambar disamping)
  • Mencari kain yang bisa menyelimuti seluruh badan kita ,tapi kain itu harus dibahasahin dulu lalu selimutkan ke tubuh kita (Fire Blangket seperti gambar  dibawah) lalu berjalan cepat

Dan akhirnya sampai sekarang saya masih sehat walafiat berserta karyawan yang terjebak tsb dan pengalaman tsb gak akan pernah kita lupakan .


Artikel By: Bagoes Prakosanto (ART HSE)

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

 

© 2013 ART HSE. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top